Mengenal Kitab Qurratul Uyun, Kitab Pendidikan S3ks Bagi Santri

  • Bagikan
Santri Posjos - Kitab Qurratul Uyun, Kitab Pendidikan Bagi Santri. Mengenal Kitab Qurratul Uyun Gratis Download Kitab Qurratul Uyun Terjemah
Santri Posjos - Kitab Qurratul Uyun, Kitab Pendidikan Bagi Santri. Mengenal Kitab Qurratul Uyun Gratis Download Kitab Qurratul Uyun Terjemah

SANTRI.POSJOS.COMMengenal Kitab Qurratul Uyun, Kitab Pendidikan S3ks Bagi Santri – Pesantren salaf dikenal sebagai lembaga pendidikan non formal yang mendalam dalam kajian kitab kuning. Kitab-kitab fiqh, ushul fiqh, tasawuf, tafsir, tauhid, nahwu, balagah, dan sebagainya menjadi materi utama pembelajaran. Para santri, terutama di kelas ulya, cenderung antusias mengaji kitab Qurratul Uyun yang membahas pendidikan s3ks.

Kitab Qurratul Uyun: Favorit di Kalangan Santri

Kitab fiqh yang menjadi favorit di kalangan santri adalah Qurratul Uyun bi Syarhi Nadzam Ibn Yamun karya Syekh Muhammad at-Tahami Ibnu Madani. Kitab ini mencakup kajian edukasi s3ksual, memberikan pedoman adab dan perilaku s3ks yang sesuai dengan ajaran agama. Antusiasme santri tinggi karena kitab ini memberikan wawasan sejak dini tentang pentingnya menjaga organ vital dan keterkaitannya dengan ibadah dalam fiqih.

Progresifitas Materi Pendidikan S3ks

Materi pendidikan seks yang diajarkan oleh kiai berbeda berdasarkan jenjang kelas santri. Kelas awaliyah hanya membahas aqil balig, sementara kelas ulya mendapatkan pembelajaran yang lebih rinci. Pendidikan seks menjadi kunci penting pada usia remaja, memberikan pemahaman tentang alat-alat seksual dasar, dengan harapan mereka dapat memahami batasan-batasan halal dan haram dalam aktivitas seksual.

Kitab Lain yang Membahas Pendidikan S3ksual

Selain Qurratul Uyun, beberapa kitab lain membahas pendidikan s3ks dan rumah tangga, seperti Uqudul Lujain, Dhau’ al-Misbah, Fathul Izar, dan Irsyadu Zaujain. Meskipun banyak kitab yang relevan, Qurratul Uyun tetap menjadi primadona karena bahasan yang eksplisit mengenai bab bers3nggama.

Baca Juga:   Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadan

Qurrotul Uyun: Syarah yang Memukau

Qurrotul Uyun, sebagai syarah dari nazham yang ditulis oleh Syekh Qasim bin Ahmad bin Musa bin Yamun, disajikan oleh Syekh Tahami dengan bahasa yang mudah dipahami. Kitab ini memberikan pembahasan komprehensif tentang s3nggama, mulai dari pemilihan waktu yang tepat, tata cara foreplay yang dianjurkan, hingga posisi yang disarankan dan doa-doa yang perlu dibaca.

Ulasan Mengenai Kitab Qurratul Uyun: Membangun Keharmonisan Rumahtangga

Kitab Qurratul Uyun, karya Syekh Tahami, membawa pandangan mendalam terkait aspek-aspek kehidupan suami-istri. Dalam ulasan ini, kita akan menjelajahi beberapa poin kunci yang disampaikan oleh kitab ini.

Waktu Terbaik untuk Bers3nggama

Pertama, Syekh Tahami menekankan pentingnya memilih waktu yang tepat, seperti setelah Isya’ atau sebelum Maghrib. Suami diingatkan untuk menjaga privasi dengan melarang orang lain mendekati pintu kamar, sambil mengawali momen bersenggama dengan doa perlindungan.

Etika dan Kesucian

Kedua, etika suami-istri harus disertai dengan kebersihan spiritual dan fisik sebelum bers3nggama. Tahap suci batin dan lahir mencerminkan keseimbangan agama dalam kehidupan rumah tangga.

Memulai dengan Kesunnahan

Ketiga, pentingnya memulai dengan kesunnahan, seperti mengucapkan doa, membaca surat Al-Qur’an, dan melakukan shalat. Ritual ini menciptakan atmosfer yang baik sebelum bers3nggama.

For3play dan Dzikrullah

Keempat, Syekh Tahami menyarankan for3play yang diisi dengan dzikrullah, memadukan keintiman dengan pengingat kepada Allah. Dengan begitu, momen bers3nggama menjadi lebih bermakna.

Komunikasi dan Percaya Diri

Kelima, suami diajak untuk bersikap percaya diri dan membangun suasana romantis melalui kata-kata yang indah. Komunikasi yang baik dan rasa percaya diri sangat penting dalam meraih kepuasan bersama.

Posisi Bers3nggama dan Kl!maks

Keenam, kitab ini mengemukakan pandangan tentang posisi bers3nggama yang dianggap paling baik menurut ulama. Penekanan pada mencapai kl!maks dan k3puasan istri merupakan aspek penting dalam hubungan suami-istri.

Baca Juga:   Sekilas Tentang Kitab Nurud Dholam Kitab Syarah Aqidatul Awam

Menjaga Kebersihan dan Mengulangi S3nggama

Ketujuh, Syekh Tahami menyarankan suami untuk menjaga kebersihan setelah 3jakulas! pertama sebelum mengulangi s3nggama. Proses ini dijelaskan sebagai upaya menjaga kesegaran dan kesehatan.

Kesimpulan

Kitab Qurratul Uyun memberikan pandangan komprehensif mengenai adab bers3knggama dalam Islam. Syekh Tahami dengan bijak mengajarkan cara membangun keharmonisan rumah tangga dengan penuh penghargaan dan kesucian. Semoga ulasan ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pembaca di situs ceramah-ustadz.my.id. Wallahu ‘Alam bishawab.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *