Waktu Terjadinya Nuzulul Quran dan Amalan yang Bisa Dikerjakan

  • Bagikan
santri posjos - Nuzulul Quran Waktu Terjadinya Nuzulul Quran dan Amalan yang Bisa Dikerjakan Waktu Nuzulul Quran
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar santri posjos - Nuzulul Quran Waktu Terjadinya Nuzulul Quran dan Amalan yang Bisa Dikerjakan Waktu Nuzulul Quran

SANTRI.POSJOS.COMWaktu Terjadinya Nuzulul Quran dan Amalan yang Bisa Dikerjakan – Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Al-Qur’an, momen istimewa yang terjadi di bulan Ramadan.

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia merayakan peristiwa ini dengan penuh kekhidmatan dan kebersamaan.

Bagi umat Islam, Nuzulul Quran bukan hanya sekadar peringatan sejarah, tetapi juga momen untuk merenungkan dan memperkuat hubungan spiritual dengan Al-Qur’an, pedoman utama dalam kehidupan mereka.

Dalil mengenai Nuzulul Quran merujuk pada surah Al Baqarah ayat 185,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya: “Bulan Ramadan merupakan (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia serta penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta menjadi pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapapun di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu (Ramadan), berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah sesungguhnya menghendaki kemudahan atasmu dan tidak menghendaki kesulitan. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.”

Ada perbedaan pendapat mengenai waktu pasti terjadinya Nuzulul Quran. Berikut bahasannya yang dinukil dari buku 10 Malam Pertengahan Ramadhan tulisan Dr Shabri Shaleh Anwar.

Baca Juga:   Hal Yang Merusak Pahala Puasa

Kapan Peristiwa Nuzulul Quran Terjadi?

Pendapat pertama mengatakan bahwa Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur dan 17 Ramadan merupakan waktu turunnya wahyu pertama, yaitu surah Al Alaq ayat 1-5.

Terkait turunnya Al-Qur’an secara berangsur-angsur ini dijelaskan dalam surah Al Isra ayat 106,

وَقُرْءَانًا فَرَقْنَٰهُ لِتَقْرَأَهُۥ عَلَى ٱلنَّاسِ عَلَىٰ مُكْثٍ وَنَزَّلْنَٰهُ تَنزِيلًا

Artinya: “Dan Al-Qur’an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.”

Sementara itu, pendapat lainnya mengatakan bahwa Nuzulul Quran terjadi pada 10 malam terakhir Ramadan. Hal ini merujuk pada surah Al Qadr ayat 1-5,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada Lailatulqadar. Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu? Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar.” Wallahu’alam.

Amalan yang Bisa Dikerjakan saat Nuzulul Quran

Ketika malam Nuzulul Quran tiba, kaum muslimin bisa mengisinya dengan berbagai ibadah. Seperti apa? Dikutip dari buku Tentang Bagaimana Surga Merindukanmu oleh Ustazah Umi A Khalil, berikut amalannya.

1. Tilawah

Tilawah sama artinya dengan membaca Al-Qur’an. Pada momen Nuzulul Quran, umat Islam bisa mengisinya dengan membaca Al-Qur’an.

2. Berzikir

Amalan lainnya yang dilakukan untuk mengisi Nuzulul Quran adalah berzikir. Dari Aisyah RA, ia pernah bertanya kepada Rasulullah SAW:

“Wahai Rasul, andaikan aku bertemu Lailatulqadar, doa apa yang bagus dibaca? Rasul menjawab: ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.’ (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku.” (HR Ibnu Majah)

Baca Juga:   Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadan

3. Qiyamul Lail

Mengerjakan salat malam atau qiyamul lail juga menjadi salah satu amalan ketika Nuzulul Quran. Contoh dari ibadah ini ialah salat tarawih, witir, tahajud, dan lain sebagainya.

“Barang siapa bangun (mengerjakan qiyamul lail) di bulan Ramadan dengan dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni oleh Allah.” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Iktikaf

Iktikaf juga bisa ditunaikan untuk mengisi Nuzulul Quran. Pada dasarnya, iktikaf diartikan sebagai berdiam diri di masjid dengan niat beribadah kepada Allah SWT.

Dari Aisyah RA ia berkata,

“Nabi Muhammad SAW beriktikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beriktikaf sepeninggal beliau,” (HR Bukhari dan Muslim)

Itulah pembahasan mengenai Nuzulul Quran dan amalan yang bisa dikerjakan untuk mengisi momen tersebut. Semoga bermanfaat.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *