7 Lapisan Langit Beserta Penghuninya Menurut Islam Al-Qur’an dan Hadist

  • Bagikan
santri posjos - Inilah 7 Lapisan Langit Beserta Penghuninya. Lapisan Langit Dan Penghuninya Menurut Islam Al-Qur'an dan Hadist
Ilustrasi Gambar santri posjos - Inilah 7 Lapisan Langit Beserta Penghuninya. Lapisan Langit Dan Penghuninya Menurut Islam Al-Qur'an dan Hadist

SANTRI.POSJOS.COM7 Lapisan Langit Beserta Penghuninya Menurut Islam Al-Qur’an dan Hadist – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Allah menciptakan hidup dan mati, serta seluruh alam raya dengan sempurna. Langit yang berlapis-lapis merupakan salah satu bukti keagungan ciptaan-Nya. Setiap lapisan langit memiliki karakteristik dan penghuni yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 7 lapisan langit beserta penghuninya menurut Al-Qur’an dan Hadist.

Langit Pertama: Langit Dunia

Karakteristik Langit Pertama

NB : Jika merasa tulisan pada artikel ini kurang jelas, Silahkan “BERALIH KE VERSI VIDEO” atau tetap di sini untuk melanjutkan membaca

Langit pertama dikenal sebagai langit dunia karena letaknya yang paling dekat dengan bumi. Langit ini dihiasi oleh bintang-bintang yang kita lihat setiap malam.

Baca Juga:   Yang perlu kamu dilakukan setelah Selesai berj!ma

Penghuni Langit Pertama

Penghuni utama langit pertama adalah Malaikat Ridwan, penjaga pintu surga. Nabi Adam Alaihis Salam juga berada di langit ini. Dalam peristiwa Isra Mikraj, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Adam yang menyambutnya dengan hangat.

Kisah Pertemuan Nabi Muhammad SAW dengan Nabi Adam

Menurut riwayat Imam Bukhari, saat Nabi Muhammad SAW tiba di langit pertama, beliau disambut oleh Nabi Adam dan melihat roh-roh manusia. Nabi Adam menyambut Rasulullah dengan penuh kegembiraan dan memberikan salam serta doa.

Langit Kedua: Langit Besi atau Marmer Putih

Karakteristik Langit Kedua

Langit kedua disebut sebagai langit besi atau marmer putih. Langit ini memiliki keindahan yang luar biasa dan terbuat dari bahan yang kokoh.

Penghuni Langit Kedua

Penjaga langit kedua adalah Malaikat Rubail yang bertugas menyeleksi amal perbuatan manusia. Di langit ini, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Isa Alaihis Salam dan Nabi Yahya Alaihis Salam.

Kisah Pertemuan Nabi Muhammad SAW dengan Nabi Isa dan Nabi Yahya

Dalam riwayat Ibnu Umar, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Isa dan Nabi Yahya yang menyambutnya dengan penuh kegembiraan dan doa kebaikan. Mereka adalah sepupu dan nabi yang diutus oleh Allah sebelum kedatangan Rasulullah.

Langit Ketiga: Langit Permata dan Permata Zamrud

Karakteristik Langit Ketiga

Langit ketiga terbuat dari permata dan permata zamrud yang sangat indah. Langit ini memancarkan cahaya yang luar biasa.

Penghuni Langit Ketiga

Penghuni utama langit ketiga adalah Nabi Yusuf Alaihis Salam.

Kisah Pertemuan Nabi Muhammad SAW dengan Nabi Yusuf

Dalam riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Yusuf yang dianugerahi setengah ketampanan seluruh umat manusia. Pertemuan ini mengajarkan kita tentang kehebatan dan kekuasaan Allah dalam menciptakan keindahan.

Baca Juga:   Kisah Wanita PSK Kaya Raya dan Pemuda Sholeh Yang Bertaubat

Langit Keempat: Langit Perak

Karakteristik Langit Keempat

Langit keempat dikenal sebagai langit perak. Langit ini terbuat dari logam yang sangat indah dan mempesona.

Penghuni Langit Keempat

Penghuni langit keempat adalah Nabi Idris Alaihis Salam. Nabi Idris dikenal sebagai nabi yang diangkat oleh Allah ke martabat yang tinggi.

Kisah Pertemuan Nabi Muhammad SAW dengan Nabi Idris

Dalam riwayat Imam Bukhari, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Idris yang menyambutnya dengan salam dan doa kebaikan. Pertemuan ini memperlihatkan kedalaman spiritual dan keagungan penciptaan Allah.

Langit Kelima: Langit Emas

Karakteristik Langit Kelima

Langit kelima terbuat dari emas. Langit ini memiliki kemegahan yang luar biasa dan mencerminkan kekayaan dan keindahan.

Penghuni Langit Kelima

Penghuni langit kelima adalah Nabi Harun Alaihis Salam.

Kisah Pertemuan Nabi Muhammad SAW dengan Nabi Harun

Dalam riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Harun yang menyambutnya dengan penuh kegembiraan. Nabi Harun adalah saudara Nabi Musa dan seorang nabi yang diberi rahmat oleh Allah.

Langit Keenam: Langit Intan

Karakteristik Langit Keenam

Langit keenam terbuat dari intan. Langit ini memancarkan cahaya yang sangat indah dan memukau.

Penghuni Langit Keenam

Penghuni utama langit keenam adalah Nabi Musa Alaihis Salam.

Kisah Pertemuan Nabi Muhammad SAW dengan Nabi Musa

Dalam riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Musa yang menangis karena umat Nabi Muhammad lebih banyak yang masuk surga tanpa hisab dibandingkan umatnya. Pertemuan ini menunjukkan keberuntungan umat Nabi Muhammad.

Langit Ketujuh: Langit Tertinggi

Karakteristik Langit Ketujuh

Langit ketujuh adalah langit tertinggi dan paling mulia. Langit ini memiliki kemuliaan yang tiada tara.

Penghuni Langit Ketujuh

Penghuni utama langit ketujuh adalah Nabi Ibrahim Alaihis Salam.

Baca Juga:   Tujuan Utama Menikah Dalam Islam Menurut Kitab Fathul Izar

Kisah Pertemuan Nabi Muhammad SAW dengan Nabi Ibrahim

Dalam riwayat Imam Bukhari, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Ibrahim yang menyambutnya dengan salam dan doa. Nabi Ibrahim adalah leluhur para nabi dan sangat dihormati dalam Islam.

NB : Jika merasa tulisan pada artikel ini kurang jelas, Silahkan “BERALIH KE VERSI VIDEO” Terima Kasih sudah berkunjung ke situs kami

Kesimpulan

Perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW melalui tujuh lapisan langit dalam peristiwa Isra Mikraj adalah bukti keagungan dan kekuasaan Allah. Setiap lapisan langit memiliki karakteristik dan penghuni yang unik, memperlihatkan keajaiban penciptaan Allah. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang keajaiban tujuh lapisan langit menurut Islam.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *