Ketahui Waktu Membayar Zakat Fitrah Sebelum Terlambat

  • Bagikan
santri posjos - Membayar Zakat Fitrah. Membayar Zakat Sebelum Terlambat. Ketahui Waktu Membayar Zakat Fitrah Sebelum Terlambat
Hashtag Dan Ilustrasi Gambar santri posjos - Membayar Zakat Fitrah. Membayar Zakat Sebelum Terlambat. Ketahui Waktu Membayar Zakat Fitrah Sebelum Terlambat

SANTRI.POSJOS.COMKetahui Waktu Membayar Zakat Fitrah Sebelum Terlambat – Ketika berbicara tentang Ramadan, zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang perlu dipenuhi. Lantas, kapan waktu membayar zakat fitrah yang paling baik?

Syarat dan Keutamaan Kewajiban Zakat Fitrah

Sebelum mengetahui ketentuan pembagian waktu membayar zakat fitrah dan hukum-hukumnya, mari kenali dulu syarat dan keutamaan dari kewajiban di bulan Ramadan ini.

Syarat Membayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan kewajiban yang perlu ditunaikan saat Ramadan di samping berpuasa selama sebulan penuh. Terdapat tiga syarat utama untuk melaksanakan kewajiban pembayaran zakat fitrah.

  1. Beragama Islam: Kewajiban membayar zakat fitrah hanya dilimpahkan kepada kaum muslim untuk menyucikan harta dan membersihkan diri dari dosa sebelum Idul Fitri.
  2. Merdeka: Seseorang yang berkewajiban membayar zakat fitrah tidak terbebani oleh kekuasaan orang lain.
  3. Mampu Secara Finansial:
    Pembayaran zakat fitrah wajib bagi mereka yang memiliki makanan lebih untuk diri sendiri maupun orang-orang di bawah tanggungannya pada Idulfitri.

Keutamaan Membayar Zakat Fitrah

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa zakat fitrah adalah penyucian diri bagi orang yang berpuasa.

Waktu Membayar Zakat Fitrah

Kewajiban membayar zakat fitrah perlu dilakukan sesuai dengan ketentuan. Tidak hanya perhitungannya yang perlu dilakukan sesuai aturan, waktu pembayarannya pun tidak bisa sembarangan.

Mubah:

Pembayaran zakat fitrah diperbolehkan atau mubah sejak awal hingga akhir bulan Ramadan.

Wajib:

Waktu utama pembayaran zakat fitrah jatuh pada akhir bulan Ramadan dan awal Syawal, mulai dari hari terakhir puasa Ramadan hingga terbitnya matahari pada awal Syawal atau salat Subuh.

Baca Juga:   Kisah Ayah Dan Anak Yang Syahid Menumpas Nabi Palsu

Sunah:

Pembayaran zakat fitrah yang berlangsung mulai malam takbiran sampai sebelum dimulainya salat Idul Fitri bersifat sunnah atau masih diperbolehkan.

Makruh:

Membayar zakat fitrah makruh jika dilaksanakan setelah salat Idulfitri hingga tanggal 1 Syawal berakhir atau ketika matahari terbenam pada Maghrib di hari yang sama.

Haram:

Membayar zakat fitrah menjadi haram hukumnya ketika dilakukan setelah 1 Syawal atau hari raya Idul Fitri berakhir.

Pastikan untuk menentukan tanggal pembayaran zakat fitrah agar tidak terlambat menunaikan kewajiban saat Ramadan.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *